Prasasti Karang Brahi, Prasasti Asal Jambi Yang Menarik

Sumber: situsbudaya.Id

Prasasti Karang Brahi - Prasasti Karang Brahi adalah prasasti peninggalan Kerajaan Sriwijaya, yang pertama kali ditemukan di Kampung Berahi, wilayah hulu Sungai Merangin, Jambi pada tahun 1904 M oleh Kontrolir L.M Berkhout.  Prasasti ini berlokasi pada Dusun Batu Bersurat, Desa Karang Brahi, Kecamatan Pamenang, Kabupaten Merangin, Jambi.

Oleh karena itu, prasasti karang berahi ini diberi nama sesuai nama kampung tempat ditemukannya. Prasasti Karang Brahi ini nir bertarikh, tetapi beberapa sarjana memperhitungkan prasasti karang berahi ini dibikin kisaran tahun 680-an atau dalam akhir abad ke-7 Masehi. Prasasti Karang Brahi terbuat menurut bahan batu yg memiliki berukuran 90x90x10 cm, dalam bagian bawah telah patah & juga mempunyai bentuk yang menyerupai separuh telur.

Perlu kita ketahui bersama bahwa fungsi Prasasti Karang Brahi sama jua menggunakan Prasasti Telaga Batu, Kota Kapur & Palas Pasemah, yakni sumpah & jua kutukan pada yg berani menantang Kedatuan Sriwijaya, diikuti dengan balasan apa yang bakal diterima bagi para penentang raja tersebut. Sumpah dan jua ancaman itu diperuntukkan dalam musuh dalam negeri.

Akan tetapi, beberapa musuh dalam negeri itu sukar untuk dijelaskan lebih lanjut, lantaran batas dan luas Kerajaan Sriwijaya kala itu susah diketahui memakai pastinya. Terkait menggunakan fungsi, masih ada yang menyamai pengeluaran prasasti karang brahi ini dengan pengibaran bendera Sriwijaya atas wilayah tadi .

Itulah liputan tentang prasasti karang brahi yang bisa kakak nji informasikan buat teman sekalian. Semoga apa yg diinformasikan dapat bermanfaat

Terima Kasih

No comments