9 Makanan Khas Lampung yang Menggugah Selera

Kuliner Khas Lampung - Jika anda sedang berkunjung ke Lampung ataupun anda masyarakat Lampung asli maka anda harus mencicipi makanan khas Lampung yang saya informasikan di bawah ini. Makanan khas Lampung memiliki banyak kesamaan dengan Sumatera Selatan, tidak mengherankan Karena posisinya yang berdekatan ataupun berbatasan Sehingga dalam beberapa hal seperti makanan akan memiliki kemiripan.

Untuk rasa kuliner Lampung dan Palembang memiliki kesamaan yaitu menyukai rasa sambal yg asam anggun dan jua masakan Lampung juga poly memakai bahan-bahan masakannya dari ikan. Berikut saya informasikan 9 kuliner khas Lampung yg menggugah selera.

1.  Pempek Lampung

Sumber: www.Instagram.Com

bila kita mendengar kata pempek pasti kita akan terpikirkan pempek palembang, akan namun pempek bukan hanya masih ada pada Palembang namun jua masih ada pada Lampung walaupun namanya sama namun tetap memiliki disparitas, perbedaannya adalah jika pempek palembang menggunakan ikan belida sebagai bahan utamanaya pempek Lampung kebanyakan menggunakan ikan tenggiri karena ikan belida sulit ditemukan pada wilayah Lampung sang karenanya rakyat lampung poly memakai daging ikan tenggiri untuk dijadikan pempek.

Pempek adalah kuliner yg bahan utamanya berupa ikan tenggiri berdasarkan Lampung, tepung terigu, tepung sagu, telur ditambah beberapa penyedap rasa misalnya bawang putih, garam

2. Umbu

Sumber: www.Instagram.Com

Makanan ini terbuat dari rotan yang masih muda yang cara pembuatannya direbus sampai lunak. Untuk cita Rasanya pun memiliki rasa yang pahit seperti Pare di Lampung biasanya digunakan sebagai lalapan saat makan, akan tetapi jika anda ingin menikmati makanan ini anda harus bersusah payah untuk menemukannya karena saat ini umbu sudah jarang dijumpai di daerah Lampung.

3. Gabing

Sumber: malahayati.ac.id

Gabing adalah makanan khas Lampung yang terbuat dari batang kelapa muda. Untuk membuatnya batang kelapa muda diiris tipis-tipis lalu direbus kemudian dicampur bumbu sampai mengeluarkan aroma yang harum ganti ini bisa dimasak dengan kuah meskipun masakan ada juga yang matanya secara kering atau tanpa kuah lebih nikmat lagi jika Gamping dicampur dengan bahan seperti daging maupun jamur.

4. Geguduh

a photo by @iamarhena via instagram

Pada dasarnya adalah pisang goreng, hanya saja pisang pada pembuatan geguduh tidak digoreng secara utuh. Untuk proses membuat geguduh, pisang harus dihaluskan terlebih dahulu baru kemudian dicampur dengan tepung terigu. Jika anda suka, anda bisa menambahkan susu dan selai. Setelah bahan-bahan diaduk anda bisa membentuknya sesuai bentuk yang anda inginkan bisa memanjang ataupun bulan setelah itu Anda bisa menggorengnya sampai matang. Masyarakat Lampung biasanya membuat geguduh dari pisang kepok karena rasanya yang manis, akan lebih nikmat lagi jika geguduh dimakan bersamaan dengan menikmati secangkir kopi di pagi hari.

5. Kue Engkak

a photo by @bundarayya via instagram

Kue engkak merupakan salah satu makanan khas dari Lampung yang bahan pembuatnya terdiri dari telur ayam, gula pasir, santan, tepung ketan putih, susu kental manis dan mentega. Makanan khas ini biasanya disajikan pada acara-acara tertentu seperti hari raya ataupun pernikahan, jika anda adalah para penggemar kue manis tentunya tidak salah jika mencoba kue ini. Untuk menambah kenikmatan biasanya kue engkak dimakan bersama secangkir kopi.

6. Kemplang

a photo by @kemplangmamamika via instagram

Kemplang adalah jenis kerupuk yang berasal dari Lampung yang cara pembuatannya digoreng tanpa minyak. Untuk rasa kemplang memiliki cita rasa yang gurih ditambah lagi dengan rasa ikan yang menambah kelezatan makanan ini. Anda dapat menikmati kerupuk kemplang bersama dengan sambal yang rasanya asam manis, makan kemplang bisa juga dengan dicocol ke cuka seperti cuka pempek. Jika anda ke Lampung sebaiknya Anda membeli kerupuk ini sebagai oleh-oleh bagi keluarga anda.

7. Gulai taboh

a photo by @pesisirbarat_ via instagram

Gulai taboh memiliki nama lain yaitu gulai santan. Gulai santan sendiri terbuat dari kacang kacang dan umbi-umbian seperti kacang panjang merah, labu ubi jalar dan kentang. Selain bahan di atas biasanya gulai taboh ini juga ditambah dengan bahan lainnya seperti ikan ataupun udang yang dapat menambah cita rasa dan kelezatan makanan gulai taboh.

8. Seruit

a photo by @encim.gendut via instagram

Jika yang belum pernah ke Kota Lampung maka kata seruit menjadi sangat asing. Seruit sendiri adalah sambal khas Lampung yang memiliki rasa yang sangat lezat apalagi jika dinikmati bersamaan dengan nasi hangat. Seruit biasanya dimakan bersama ikan yang digoreng atau dicampur setelah sebelumnya dibakar dengan bumbu-bumbu tertentu. Ikan yang digunakan bukanlah ikan laut melainkan ikan sungai seperti baung, tenggiri, belida dan ikan lainnya.

9. Pindang lampung

a photo by @travelerien via instagram

Selain seruit masyarakat lampung juga mengolah ikan menjadi kreasi makanan lainnya yaitu pindang. Seperti kita ketahui bahwa masyarakat Lampung sangat menyukai makanan yang terbuat dari ikan, selain seruit yang saya Sebutkan diatas masyarakat Lampung juga mengolah ikan menjadi pindang. Di Lampung pindang menggunakan beberapa jenis ikan seperti ikan baung, ikan patin, ikan mas dan ikan bandeng. Pindang Lampung terkenal dengan  rasanya yang  asam gurih. Tentunya jika kalian sudah berkunjung ke Lampung maka tidak ada salahnya jika kalian mencicipi semangkuk pindang ini.

Itulah tadi 9 jenis makanan  Lampung yang dapat anda jadikan sebagai referensi  jika anda sedang berkunjung ke Lampung baik untuk sebagai oleh-oleh maupun anda mencicipinya secara langsung. jika ada masukan seputar makanan khas lampung Silahkan tulis di kolom komentar.

Semoga Bermanfaat.

No comments