8 Kuliner Bali dengan Cita Rasa yang Khas

Kuliner Khas Bali - Bali terkenal akan wisatanya yang luar biasa indah serta banyak dikunjungi oleh para turis karena kecintaan mereka terhadap wisata yang ada di Bali akan tetapi bukan hanya wisata yang ada di Bali tetapi berbagai macam kuliner khas terutama dengan bumbu-bumbu rempah yang kuat dan pedas yang bakal bikin kamu ketagihan. Pada kali ini saya akan menginformasikan kepada anda makanan Bali dengan cita rasa yang khas. berikut 8 makanan khas Bali.

1. Sate lilit

a photo by @twinrabbitstravel via instagram

bila selama ini kita mengetahui sate itu ditusuk namun dalam Bali sate dibentuk memakai cara dililit. Untuk proses pembuatannya daging yg disiapkan dicincang halus terlebih dahulu yang lalu dicampur dengan bumbu spesial Bali, sesudah daging dicampur menggunakan bumbu kemudian dililitkan di tangkai bambu atau sanggup juga di batang daun serai, rasa sate ini sangatlah gurih

2. Lawar kuwir

a photo by @lawarubud via instagram

Makanan khas Bali yang satu ini adalah campuran dari sayur-sayuran dengan daging cincang yang telah di ramu khusus menggunakan bumbu khas Bali. Memang pada umumnya lawar yang diolah di Bali menggunakan campuran dari daging babi yang tentunya haram bagi umat muslim, ternyata masyarakat Bali juga menjadikan bebek entok sebagai alternatif pembuatan lawar ini yang difavoritkan oleh masyarakat Bali.

Untuk proses pembuatannya, daging yang sudah dicincang sampai halus akan dicampur dengan potongan sayur-sayuran baik itu kacang panjang ataupun parutan kelapa yang kemudian dilumuri bumbu khas bali. Untuk menambah kelezatan  kamu bisa memakan lawar kuwir ini dengan nasi hangat dan juga semangkuk sayur batang pisang.

3. Rujak kuah pindang

a photo by@liligundiwarungjajebali via instagram

Jika kalian mengunjungi kota Bali maka kalian harus mencicipi rujak yang satu ini karena rujak ini terbuat dari campuran rujak dengan bumbu kuah ikan tuna, makanan ini banyak dijual di pinggir-pinggir jalan. Rujak kuah pindang memiliki rasa yang sangat pedas sekaligus segar dilidah karena dilengkapi dengan irisan mangga, tidak hanya menggunakan irisan mangga kamu juga bisa mengganti isi dari rujak kuah pindang ini dengan campuran berbagai jenis buah.

4. Tipat blayag

a photo by @ fridayantinovi via instagram

Tipat blayag mirip dengan lontong karena dibuat dengan cara dililit memanjang dengan daun enau muda. Bahan pembuatan tipat blayag terdiri dari bumbu-bumbu yang berasal dari olahan tepung beras serta campuran bumbu bali. Dengan tekstur bumbu yang kental sangatlah nikmat jika dimakan dengan potongan tipat blayag, ayam sisit, sayur urap, kerupuk kulit ayam dan tentunya gorengan ceker ayam.

5. Nasi jinggo

a photo by @fooddeso via instagram

Jika kalian memiliki uang yang pas-pasan tidak salahnya jika kalian mencicipi makanan khas Bali ini karena memiliki harga yang murah meriah. Nasi jinggo dikemas dengan bungkusan daun pisang dilengkapi dengan sambalnya yang sangat pedas yang membuat orang yang memiliki kecintaan terhadap rasa pedas puas dengan level rasa pedas dari nasi jinggo ini. Dengan harga yang murah urah tentunya nasi jinggo hanya disajikan dengan nasi seukuran kepalan tangan orang dewasa sementara untuk lauk pauk terdiri dari mie goreng, tempe goreng dan daging ayam suwir. Jika kamu termasuk orang yang memiliki nafsu makan yang tinggi tentunya satu bungkus nasi jinggo tidak akan cukup untuk membuat kamu merasa kenyang.

6.   Ayam betutu

a photo by @lailyfitriah via instagram

Jika kalian pencinta masakan pedas ayam betutu sangatlah pas untuk dijadikan sebagai kuliner yang kamu cicipi, walaupun memiliki rasa pedas ayam betutu pastinya akan bikin kamu ketagihan.

Untuk proses pembuatan ayam betutu, pertama  bumbu-bumbu yang telah disiapkan dimasukkan ke dalam bagian dalam perut ayam kampung kemudian dagingnya dibungkus dengan daun pisang lalu di panggang menggunakan bara api dari sekam yang membutuhkan waktu hingga 24 jam agar ayam betutu yang dihasilkan memiliki rasa yang gurih lembut serta pedas yang pas, akan tetapi Betutu tidak hanya menggunakan daging ayam ada juga masyarakat di Bali yang menggunakan daging bebek sebagai bahan untuk membuat betutu.

7. Rujak bulung

Sumber: www.instagram.com

Selain rujak kuah pindang kuliner khas Bali juga terdapat rujak bulung dimana rujak bulung ini menggunakan bumbu kuah pindang yang dicampur dengan rumput laut. Jika kalian mencicipi rujak bulung ini maka kalian akan merasakan sensasi segarnya antara kombinasi dari kuah pindang dan rumput laut.

8. Serombotan

a photo by @balikuliner via instagram

Mungkin di telinga kita nama serombotan agak asing, tetapi di Bali makanan ini salah satu favorit. Bahan untuk pembuatan serombotan ini terdiri dari campuran sayur-sayuran seperti kacang panjang, kangkung, buncis, bayam, pare, taoge dan terong bulat. Bahan-bahan sayuran kemudian dicampur dengan bumbunya yang terkenal yaitu kalas yang terbuat dari santan yang berisi campuran kunyit tumbuk, bawang merah, bawang putih, lengkuas, kencur dan ketumbar. Masyarakat Bali biasanya mengkombinasikan bumbu ini dengan bumbu kacang dan bumbu pedas yang akan menambah kelezatan dari makanan khas Bali ini.

Mungkin inilah beberapa makanan khas bali yang saya informasikan untuk anda.  Jika ada tambahan tentang makanan khas bali lainnya silahkan tulis di kolom komentar.

semoga bermanfaat.

No comments