7 Manfaat Daun Bidara yang Jarang Orang Ketahui

Manfaat Daun Bidara- Pohon Bidara dapat tumbuh subur di berbagai macam wilayah, untuk penyebaran bibit pohon bidara banyak dilakukan oleh jenis-jenis burung yang makan buah bidara. Pohon bidara memiliki ciri-ciri seperti belukar lainnya dan bisa tumbuh dengan sangat cepat, semua bagian kayu pohon bidara dapat bercabang dan memiliki banyak duri. Beberapa negara seperti India dan Cina pohon bidara dimanfaatkan daun dan buahnya untuk obat-obatan. Berikut manfaat daun bidara yang Abang nji informasikan untuk anda.

Sumber: satujam.com

1. Mempercepat penyembuhan luka gores

Luka yang disebabkan karena lecet ataupun jatuh bisa disembuhkan dengan memanfaatkan daun bidara. Senyawa anti inflamasi yang dimiliki mampu membuat kulit yang luka beregenerasi lebih cepat. Untuk proses pembuatannya daun bidara digunakan sebagai obat luka yang terlebih dahulu dikeringkan dan dihaluskan kemudian campurkan daun bidara dengan air, setelah menjadi pasta oleskan pada bagian yang luka.

2. Merawat kulit yang kering

Setiap orang pasti mendambakan kulit yang lembab dan bercahaya. Kulit wajah yang kering dapat membuat seseorang kehilangan kepercayaan diri, untuk mengatasi masalah ini anda bisa memanfaatkan daun bidara yang digunakan sebagai masker. Untuk pembuatannya daun dihancurkan dan campur dengan sedikit air lalu gunakan campuran daun bidara  ini sebagai masker, masker ini juga bisa digunakan bersamaan dengan madu ataupun jeruk lemon. Terakhir bersikan dengan air hangat lalu kulit anda akan tampak bercahaya dan bersinar.

3. Mengatasi depresi

Perlu kita ketahui ternyata daun bidara juga sangat efektif untuk mengatasi rasa cemas yang sering muncul sebagai gejala depresi. Senyawa yang dihasilkan dari ekstrak daun bidara ini mampu memberikan rasa nyaman pada tubuh seseorang.

4. Mencegah penyakit diabetes

Daun bidara didalamnya ditemukan senyawa yang mampu mengatur kadar gula daun bidara yang sudah kering terbukti ampuh untuk mengobati diabetes. Penyakit diabetes dapat terjadi karena tubuh tidak bisa mengontrol kadar gula dalam darah, kerusakan sistem pada tubuh akan menyebabkan beberapa resiko penyakit lain seperti jantung dan penyakit ginjal. Untuk mendapatkan manfaat daun bidara sebagai obat untuk mencegah diabetes, daun bidara yang telah kering dikonsumsi seperti teh yang kemudian diminum dengan air hangat.

5. Meningkatkan nafsu makan

Dapat membuat seseorang meningkatkan nafsu makannya yaitu dapat merubah atau mempengaruhi sistem pencernaan sehingga bisa merubah pola makan sebelumnya. Untuk mendapatkan hasil maksimal, daun bidara yang kering diolah menjadi kapsul atau teh yang kemudian dikonsumsi secara rutin agar dapat meningkatkan nafsu makan.

6. Meringankan luka bakar

Daun bidara ditemukan manfaatnya untuk mengobati luka bakar pertama kali di temukan di Negara India. Daun bidara yang segar dapat memberikan Efek dingin pada kulit yang terkena luka bakar. Selain itu senyawa yang terkandung pada daun bidara dapat mencegah luka bakar menjadi berbekas pada kulit. Jika kalian mengalami luka bakar kecil maka anda dapat mengobati sendiri,   saya sarankan anda mencari beberapa lembar daun bidara segar yang masih hijau lalu untuk penggunaannya cukup cuci bersih daun bidara dan tempelkan pada kulit yang terkena luka bakar.

7. Pakan ternak

Selain manfaat kesehatan daun bidara juga dapat kita gunakan sebagai pakan ternak, daun bidara mengandung protein yang sangat tinggi yang dapat meningkatkan nafsu makan serta mencegah gangguan pencernaan pada hewan seperti sapi dan domba. Daun bidara yang kering juga dapat digunakan bersamaan dengan daun lain seperti rumput dan daun nangka sebagai pakan ternak.

Itulah beberapa manfaat yang jarang orang ketahui tentang daun bidara, semoga yang membaca artikel ini mendapatkan manfaat yang luar biasa dari daun bidara. Jika ada tambahan atau masukan tentang artikel ini Silahkan tulis di kolom komentar.

Semoga Bermanfaat.

No comments