17 Kuliner Kabupaten Banyumas Paling Nikmat

Kuliner Banyumas - Kabupaten Banyumas adalah kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Tengah dengan ibukota bernama Purwokerto. Kabupaten ini adalah Kabupaten yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Brebes di bagian utara; Kabupaten Purbalingga, Kabupaten Kebumen dan Kabupaten Banjarnegara di bagian timur; serta Kabupaten Cilacap di bagian Barat dan Selatan. Kabupaten Banyumas di ujung utara wilayahnya terdapat gunung Slamet yang sangat terkenal, akan tetapi di kabupaten ini tidak hanya terdapat gunung slamet yang terkenal akan tetapi juga memiliki sejumlah kuliner yang lezat dan nikmat untuk anda nikmati. Berikut 17 Kuliner Kabupaten Banyumas yang saya informasikan untuk sahabat sekalian.

1. Kraca

Sumber: @kulinercirebon Via Instagram
Kraca adalah yang biasanya didapatkan dari sawah yang kemudian diberi kuah yang rasanya gurih yang terdiri dari bumbu bawang, sereh, palamrica, garam dan lainnya. Sensasi untuk menikmati makanan ini yaitu dengan menyedot keong yang telah dibuang penutup atasnya selain menyedot menikmati makanan ini juga bisa dicukil menggunakan lidi ataupun garpu.

2. Intil

Sumber:  soraouji.com
Intil adalah makanan yang terbuat dari singkong. Untuk cara pembuatannya singkong diparut terlebih dahulu kemudian diperas dan dicampur dengan gula dan bumbu lainnya Setelah itu singkong yang telah dicampur gula dan bumbu di giling-giling dengan tangan sampai hancur dan dibentuk menyerupai butiran-butiran kecil, kemudian kukus hingga matang. Intil  memiliki rasa yang manis dan karena terbuat dari singkong pasti dapat mengenyangkan perut anda.

3. Jalabia

Sumber: @instapurwokerto Via Instagram

Jalabia termasuk cemilan yang sederhana, murah meriah dan juga gurih. Ada orang yang menamainya dengan Obang Abing ataupun Geplek. Bahan dasar camilan ini terbuat dari singkong. Cara membuatnya sangatlah mudah dan praktis. Singkong yang sudah dikupas serta dicuci bersih lalu diparut kemudian diperas yang berguna untuk mengurangi kandungan airnya.

Sari patinya dapat digunakan untuk campuran adonan, ada juga yang menggunakan ampasnya saja. Setelah itu dikukus, diberi bawang putih dan garam seperlunya kemudian dibentuk menyerupai cincin. Camilan ini banyak dijual hampir di semua pasar tradisional di Daerah Banyumas. Jalabia adalah makanan yang sangat gurih dan sangat pas disantap ketika masih panas, jalabia juga dapat digunakan sebagai lauk pelengkap nasi.

4. Ondol Singkong

Sumber: blog.unnes.ac.id
Banyumas memang terkenal sekali akan makanan dengan bahan baku singkongnya salah satunya adalah ondol. Ondol adalah makanan yang terbuat dari singkong. untuk pembuatannya singkong yang telah diparut kemudian diperas serta diambil kandungan airnya lalu dicampur dengan bumbu khas yang kemudian dibentuk bulat lalu digoreng. Setelah digoreng ondol kemudian ditusuk dengan sindik yang terbuat dari shelter bambu.

5. Combro

Sumber: resepsedapku.com
Combro adalah makanan yang mirip dengan ondol yang membedakannya adalah combro rasanya dibagian dalamnya lebih pedas Selain itu ukuran combro lebih besar dan lonjong daripada ondol. Jika kalian salah satu penikmat makanan pedas combro ini juga bisa kalian jadikan sebagai salah satu target kalian, menikmati combro ini menjadi lebih menantang jika kalian mengkonsumsinya bersama dengan cabe rawit.

6. Kampel

Sumber: ourcosmic.wordpress.com
Kampel berasal dari bahasa lokal Banyumas yang artinya peluk. Yang dimaksud peluk disini adalah pelukan antara ketupat dengan makanan lain, masyarakat Banyumas biasanya mencampur ketupat dengan tempe tahu ataupun dage. Setelah disatukan bahan yang telah disatukan tersebut kemudian dicelupkan ke adonan terigu yang telah di masukan bumbu kemudian digoreng, kampel ini cocok sebagai makanan pengganti nasi apabila anda sedang tidak berselera untuk makan nasi karena sifatnya yang mengenyangkan.

7. Kerupuk Ampas Tahu

Sumber: halhil.blogspot.co.id
Kerupuk Ampas Tahu adalah makanan yang terbuat dari sisa pembuatan tahu berupa ampasnya yang biasa disebut ranjem. Untuk pembuatannya sendiri, seperti kerupuk pada umumnya seperti pengukusan, pengirisan dan penjemuran. Untuk rasanya sendiri sangat gurih dan tentunya dengan adanya pembuatan kerupuk ini ampas tahu yang tidak berguna dapat dimanfaatkan dan bernilai ekonomis.

8. Kluban

Sumber: @echosustiyah Via Instagram
Makanan yang satu ini hampir sama dengan urap yang membedakannya, hanya pengolahan parutan kelapa pada kluban langsung dicampur dengan sayur. Untuk rasa, kluban memiliki rasa yang pedas, asin dan manis yang bercampur di lidah, kluban sangat cocok untuk dijadikan lauk pelengkap nasi ataupun dimakan secara langsung. Kluban ini sangatlah sehat karena terbuat dari sayur-sayuran hijau.

9. Cenil

Sumber: @arditiya354 Via Instagram
Cenil banyak dijumpai di pasar-pasar tradisional di Banyumas. Makanan ini memiliki tekstur yang kenyal karena terbuat dari singkong dan tepung kanji yang ditaburi dengan parutan kelapa dan tentunya makan yang satu ini sangat pas untuk jadi kamu jadikan camilan yang lezat. Jika kamu mencicipi makanan yang satu ini dijamin kamu akan ketagihan, karena campuran dari singkong, tepung kanji dan parutan kelapa yang kelezatannya sulit dijelaskan dengan kata-kata.

10. Klanting

Sumber:callmetibla.blogspot.co.id

Klanting juga terbuat dari bahan singkong. Klanting bentuknya mirip dengan anting, akan tetapi diameternya besar dengan ukuran yang tipis dan hampir menyerupai seperti gelang, jika kamu mencicipi makanan yang satu ini Pastinya kamu bakal ketagihan karena kelezatannya. Bagaiamana? menarik bukan makanan yang satu ini, makanan ini sangat pas untuk kamu nikmati saat bersantai.

11. Mendoan

Sumber: @dheendudh Via Instagram

Mendoan berasal dari kata mendung yang artinya lembek. Masyarakat mendoan menamai makanan ini mendoan karena bahan tempe yang telah dilumuri dengan adonan Tepung terigu beserta bumbu yang kemudian digoreng akan  tetapi tidak sampai matang sekali atau setengah matang.

12. Getuk Goreng

Sumber: @lina_liem10 Via Instagram

Lagi-lagi makanan dari Banyumas ini terbuat dari singkong yaitu getuk goreng. Makanan yang terbuat dari singkong ini dibumbui terlebih dahulu dengan gula kelapa sebelum digoreng, getuk goreng banyak dijual dijual di daerah Sokaraja dan dapat anda temukan di toko-toko pinggir jalan Sokaraja. Kalau soal rasa getuk goreng ini dijamin membuat kalian ketagihan, getuk goreng juga bisa kalian jadikan oleh-oleh untuk keluarga anda tercinta saat berkunjung ke banyumas.

13. Cimplung

Sumber: andumcrita.wordpress.com

Cimplung disini terbuat dari singkong yang dicelupkan ke dalam air nira, makanan yang satu ini memiliki rasa yang sangat manis serta terasa lengket dilidah, jika anda mencicipi cimplung ini rasa manisnya akan bertahan lama dilidah saudara karena kental dan juga manisnya air nira dalam proses pembuatan cimplung ini. Untuk mencarinya banyak ditemukan di daerah Kecamatan Cilongok karena mayoritas penduduk Cilongok adalah penderes gula merah.

14. Kripik Tempe Banyumas

Sumber: kulineraslibanyumas.blogspot.co.id
Pada Daerah Banyumas banyak sekali bermacam-macam keripik terutama di Purwokerto, pantas saja kota ini disebut dengan kota kripik, dengan banyaknya aneka macam keripik yang paling menonjol adalah keripik tempe. Untuk pembuatannya tempe digoreng yang sebelumnya telah diiris tipis-tipis, untuk makan yang satu ini pastinya mengandung protein yang tinggi serta rasanya yang gurih dan renyah sangat cocok untuk kamu yang suka makan camilan ,kripik tempe ini dapat bertahan lama sampai 1 bulan.

15. Soto Sokaraja

Sumber: @harman_hc Via Instagram

Makanan yang satu ini adalah salah satu kuliner khas dari kabupaten Banyumas yang hanya dapat kamu temui dan kamu rasakan kenikmatannya di daerah Sokaraja, perbedaan soto ini dari soto lainnya adalah ciri utama dari suatu ini adalah penggunaan ketupat dan sambal kacang. Jika kamu pecinta soto jangan lupakan makanan yang satu ini jika kamu sedang berkunjung ke Kabupaten Banyumas.

16. Kepok

Sumber: nulis.in
Kepok adalah makanan yang hampir mirip dengan lupis medan yakni sama-sama terbuat dari beras ketan. Untuk pembuatannya beras ketan diproses sama seperti membuat nasi yang kemudian dibentuk menggunakan mangkuk, lalu ditaburi dengan parutan kelapa serta garam secukupnya.

17. Badeg

Sumber: imgrum.org
Setelah menyajikan 16 makanan yang ada di Kabupaten Banyumas tidak lengkap rasanya jika penutup dari artikel ini tidak saya sertakan minuman khas banyumas. Kabupaten Banyumas juga terdapat minuman khas yaitu minuman yang terbuat dari sari bunga kelapa yang tidak direbus, biasanya sari bunga kelapa difermentasi selama 1 sampai 2 hari agar memiliki rasa yang enak dan aroma yang wangi .

Inilah 17 kuliner dari Kabupaten Banyumas yang saya informasikan untuk sahabat sekalian, jika sahabat sekalian sedang berkunjung ke Kabupaten ini cobalah untuk mencicipi salah satu dari kuliner Kabupaten Banyumas ini agar anda dapat merasakan sendiri bagaimana lezatnya kuliner dari kabupaten ini yang tentunya dapat memanjakan lidah sahabat sekalian. Jika ada saran untuk artikel ini, silahkan tulis di kolom komentar.

Semoga Bermanfaat.

Tidak ada komentar