Taman Nasional Berbak, Tempat Singgahnya Ribuan Burung Migran

Taman Nasional Berbak - Taman Nasional Berbak ialah taman nasional yang berada di Kabupaten Tanjung Jabung Timur dan juga Kabupaten Muaro jambi. Taman Nasional ini mempunyai gabungan yang menarik diantara hutan rawa gambut dan juga hutan rawa air tawar yang terbentang di pesisir Timur Sumatera.

Sumber: id.m.wikipedia.org
Pintu masuk sisi Barat taman nasional ini ditempuh dengan menyelusuri sungai Air Hitam Dalam. Diberi nama Air Hitam Dalam lantaran warna airnya hitam seperti kopi. Pada saat air laut surut, kotoran satwa dan serasah daun dari dalam hutan bakau dibawa air sungai tersebut ke arah Sungai Batanghari dan terakhir diteruskan ke laut.

Pada bulan Oktober hingga bulan Februari kita bisa melihat singgahnya ribuan burung migran di Pantai Cemara dari Siberia menuju Australia yang tentu saja membuat kita takjub lantaran banyaknya jumlah burung-burung tersebut.

Fauna

Di Taman Nasional Berbak terdapat satwa langka salah satunya dari jenis mamalia yakni Harimau Sumatera, Badak Sumatera, Kancil dan juga Tapir. Dari jenis Primata  yakni Beruang Madu, Kera Ekor Panjang, Beruk dan juga Siamang. Untuk jenis Reptil sendiri yakni Buaya Muara, Buaya Sinyulong, Tuntong, Kura-kura Gading, Labi-labi dan juga Phyton. Untuk jenis Ikan yakni Arwana Putih, Belida, Betok, Tapah dan juga Juaro.

Flora

Tidak hanya fauna di taman nasional ini juga terdapat jenis flora yang teridentifikasi sekitar 261 spesies dari 73 famili Vegetasi salah satunya dari Jenis pohon besar  yakni Jelutung, Ramin, Pulai dan juga Meranti. Untuk jenis Anggrek yakni Celogyn, Bulbophylum dan juga Cymbidium.

Taman Nasional Berbak juga terkenal dikarenakan banyak mempunyai  jenis palem tanaman hias di Indonesia. Jenis palem tanaman hias yang tergolong ke dalam kategori langka diantaranya jenis daun payung (Johanesteijmannia altifrons) dan jenis yang baru ditemukan yaitu Lepidonia kingii (Lorantaceae) yang berbunga besar dengan warna merah atau ungu.

Sumber: fr.wikipedia.org
Upaya Perlindungan Taman Nasional Berbak

Taman Nasional yang luasnya 162.700 ha yang ditetapkan berdasar pada Surat Keputusan Menteri Kehutanan Nomor: 285/Kpts-II/1992 adalah kawasan pelestarian alam buat konservasi hutan rawa terluas di Asia Tenggara yang belum terjamah oleh eksploitasi manusia dan juga menyimpan beberapa kekayaan hayati yang wajib digali potensinya.

Taman Nasional Berbak bukan saja dilindungi secara nasional, namun juga secara internasional yakni dengan diputuskan atau ditetapkan sebagai Lahan Basah Internasional dalam Konvensi RAMSAR yang berlangsung pada tahun 1992.

Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar