Pohon Kapur, Penghasil Kapur Barus Asal Kalimantan Yang Langka

Pohon Kapur Kalimantan - Berbicara masalah flora di Kalimantan timur seakan tidak ada habisnya, sebab kalimantan timur mempunyai hutan yang lumayan luas dan juga tentu saja ditumbuhi berbagai macam tumbuhan yang unik dan juga langka. Salah satunya Pohon Kapur.

Sumber: @_crazyclimber_ via Instagram
Klasifikasi Ilmiah

Kerajaan: Plantae

Filum:      Tracheophyta

Kelas:      Magnoliopsida

Ordo:       Theales

Famili:      Dipterocarpaceae

Genus:     Dryobalanops

Spesies:Dryobalanops aromatica.

Pohon Kapur yang memiliki nama latin Dryobalanops aromatica ialah pohon penghasil penghasil kapur barus (kamper) yang ternyata dikategorikan sebagai salah satu tanaman langka. Pohon Kapur yang dapat menghasilkan kristal kapur barus dengan aroma khas ini termasuk ke dalam status keterancaman paling tinggi yaitu Critically Endangered (Kritis) berdasarkan data yang dikeluarkan oleh IUCN Redlist.

Pohon Kapur di Kalimantan disebut pula sebagai Ampadu, Amplang, Kapur, Kayatan, Keladan, Melampit, Mengkayat, Mohoi, Muri, dan juga Sintok. Di Sumatera sendiri selain dikenal dengan nama Kapur atau Barus tanaman ini juga dikenal dengan nama Haburuan atau Kaberun. Dalam bahasa Inggris tumbuhan ini dikenal dengan nama Borneo Camphor, Camphor Tree, Malay camphor atau Indonesian Kapur.

Diskripsi Pohon Kapur

Pohon kapur memiliki ukuran yang besar serta tinggi. Diameter batangnya bisa mencapai 70 cm bahkan juga ada yang dapat mencapai 150 meter dengan tinggi pohon yang dapat mencapai 60 meter. Kulit pohon berwarna coklat dan juga coklat kemerahan di daerah dalam. Pohon ini sendiri akan mengeluarkan aroma kapur apabila dipotong.

Daun Kapur tunggal dan juga berseling, mempunyai stipula di sisi ketiak, dengan permukaan daun yang mengkilap, serta tulang daun sekunder menyirip amat rapat dengan stipula berupa garis dan juga amat mudah luruh. Bunganya sendiri berukuran sedang, kelopak memiliki ukuran sama besar, memiliki mahkota bunga elips, mekar, putih berlilin, serta mempunyai 30 benang sari. Pohon Kapur mempunyai buah cukup besar, mengkilap, serta bersayap sejumlah 5 helai.

Tanaman Kapur (Dryobalanops aromatica) tumbuh pada ketinggian 300  mdpl  di hutan dipterocarp campuran. Persebaran tumbuhan langka ini sendiri dimulai dari Indonesia yakni pulau Sumatera dan juga Kalimantan serta Malaysia yakni di Semenanjung Malaysia, Sabah, serta Serawak

Pohon Kapur atau Dryobalanops aromatica adalah satu diantara tanaman penghasil kapur barus atau kamper selain tumbuhan Cinnamomum camphora. Kapur barus dari pohon Kapur ini sudah menjadi salah satu komoditi perdagangan internasional di mulai sejak abad ke-7 Masehi.  Tidak hanya menghasilkan kamper, Pohon Kapur bisa pula digunakan kayunya menjadi bahan bangunan, perkapalan, dinding, dan juga lantai sebab mempunyai kualitas kayu yang lumayan baik.

Untuk memperoleh kristal kapur barus, diawali dengan memilih, menebang, serta memotong-motong batang pohon Kapur. Potongan-potongan batang pohon Kapur selanjutnya dibelah guna mendapatkan kristal-kristal kapur barus yang ada di dalam batangnya. Mungkin karena penebangan yang berlebihan sehingga pohon Kapur saat ini menjadi salah satu pohon yang dikategorikan langka.

Terhitung saat ini tegakan pohon kapur cuma ditemukan pada spot-spot kecil terpisah di Kadabuhan, Jongkong serta Sultan Daulat di Subulussalam, Singkohor dan juga Danau Paris di Aceh Singkil, serta Sirandorung dan juga Manduamas di utara Barus, selatan Pakpak dan juga pada hutan-hutan sisa tebangan di Natal.

Untuk itu, dibutuhkan usaha penggalian informasi sebaran, penambahan populasi dan juga produktivitas melalui sumber benih berkualitas dan tehnik silvikultur yang tepat diharapkan bisa mendukung upaya-upaya penambahan produktivitas pohon kapur ini. Diluar itu, pelibatan warga dalam mengawasi dan juga mengontrol serta melindungi pohon ini benar-benar dibutuhkan.

Itulah informasi tentang Pohon Kapur, Penghasil Kapur Barus Asal Kalimantan Yang Langka yang dapat abang nji informasikan kepada sahabat kalian. Semoga artikel ini dapat menjadi referensi tentang pohon kapur Kalimantan dan tentunya juga bermanfaat bagi sahabat sekalian.

Terima Kasih.

Tidak ada komentar