Naikmanung Andimbo, Tikus Raksasa Papua Yang Mengejutkan Dunia

Naikmanung Andimbo- Beberapa peneliti Amerika Serikat dan juga Indonesia, beberapa waktu terakhir menemukan spesies tikus raksasa jenis baru di hutan hujan pegunungan Foja, Papua Timur. Tikus ini benar-benar unik lantaran memiliki bobot tubuh 1,4 kg atau lima kali lebih berat daripada tikus kota umumnya. Tikus besar ini disebut Mallomys.

Sumber: prehistorico.fandom.com
Klasifikasi Ilmiah

Kingdom:    Animalia

Filum:         Chordata

Kelas:         Mammalia

Ordo:          Rodentia

Famili:        Muridae

Genus:       Mallomys

Spesies: M. gunung

Deskripsi Morfologi Mallomys gunung

Mallomys gunung atau disebut juga Naikmanung Andimbo merupakan spesies hewan pengerat yang termasuk ke dalam famili Muridae. Hewan ini cuma bisa ditemui dan didapati di wilayah Papua Barat, Indonesia. Tikus ini merupakan hewan pengerat yang memiliki ukuran yang sangat besar.

Kepala dan juga tubuh mempunyai ukuran yang membuat takjub yakni kurang lebih 28 hingga 45 cm bahkan dapat mencapai 55 cm dengan panjang ekornya kurang lebih berukuran sama. Tikus ini juga memiliki bobot tubuh yang sangat besar yakni dapat mencapai 1,4 kg. Ekor dari hewan ini relatif berbulu dan juga bersisik, serta kulitnya sebagian berwarna coklat sedangkan bagian tubuh lainnya  berwarna putih.

Rambut bulunya juga sangatlah panjang, tebal, dan juga agak menyerupai wol. Warnanya beragam dari mulai dari coklat dan juga abu-abu dengan perut bagian bawah yang berwarna putih dengan misai, tangan, serta kaki yang berwarna hitam. Mereka mempunyai geraham yang benar-benar khas dengan satu pola yang unik yang tidak ditemukan pada spesies hewan pengerat lainnya.

Sumber Video : @ jejakrimba_mnctv

Status Perlindungan Naikmanung Andimbo

Berdasarkan IUCN Red List Naikmanung Andimbo ini termasuk ke dalam kategori Endangered (terancam). Di negara Indonesia sendiri Naikmanung Andimbo menjadi satu diantara hewan yang dilindungi karena statusnya yang terancam. Hal ini berdasarkan pada PP Nomor 7 Tahun 1999 tentang Pengawetan Jenis Tumbuhan Dan Satwa dan juga UU Nomor 5 Tahun 1990tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati Dan Ekosistemnya.

Hutan Papua memang sangatlah kaya dengan keanekaragaman hayatinya. Diantaranya yakni hutan Foja. Banyak peneliti yang menyebutnya dengan sebutan Taman Eden, bahkan ada juga yang menyebutnya dengan sebutan the Lost World atau dunia yang hilang.

Akan tetapi, dengan tingkat deforestasi di Indonesia yang tergolong sangat tinggi, bukan hal yang mustahil jika nantinya hewan-hewan langka semacam ini akan punah bersamaan dengan rusaknya hutan yang merupakan rumah atau tempat tinggal bagi hewan-hewan tersebut.

Itulah informasi tentang Naikmanung Andimbo, Spesies Tikus Raksasa Papua Yang Mengejutkan Dunia yang dapat abang nji informasikan untuk sahabat-sahabat sekalian. Semoga, artikel ini dapat menambah wawasan sahabat-sahabat sekalian tentang fauna-fauna yang ada di Indonesia sehingga kita bisa lebih menjaga kelestarian fauna tersebut.

Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar