Kura-Kura Reimani, Si Eksotis Yang Terancam Punah

Kura-Kura Reimani - Kura-kura Reimani yang memiliki nama latin Chelodina reimanni merupakan suatu spesies kura-kura yang termasuk dalam keluarga Cheloniidae. Spesies ini dapat kita ditemukan di negara Indonesia dan termasuk juga Papua Nugini. Keberadaan daripada kura-kura reimani sendiri (Chelodina reimanni) saat ini sudah cukup sulit untuk didapati dan kita temui di alam liar.

Sumber: @jerryfakdawer via Instagram

Status Konservasi : Near Threatened (Mendekati Terancam Punah)

Sumber Status Konservasi : IUCN

Kingdom: Animalia

Filum: Chordata

Kelas: Sauropsida

Ordo: Testudines

Famili: Cheloniidae

Genus: Chelonida

Spesies: Chelodina reimanni

Hewan Eksotis yang memiliki leher panjang yang satu ini, tidak sama dengan kura-kura secara umum. Kura-Kura Reimani mempunyai keunikan pada lehernya yang berbentuk menyerupai ular. Oleh karena itu, kura-kura ini dikenal sebutan kura-kura berleher ular.

Tidak hanya itu, lantaran lehernya yang panjang menyerupai ular, leher kura-kura ini tidak dapat ditarik dan juga tidak dapat disembunyikan di dalam tempurung, yang dimana hal seperti ini dapat dilakukan oleh kura-kura  pada umumnya.

Kura-Kura Reimani sendiri adalah kura-kura air tawar. Jenis kura-kura ini memiliki jenis makanan yang beragam, seperti ikan, serangga dan juga suka makan sayur-sayuran.

Kura-kura Reimani memiliki ciri yakni kulitnya kasar, berwarna keabu abuan, pada bagian atas tubuh berwarna coklat dan juga sedikit lebih kuning pada bagian bawah tubuhnya. Kura-kura ini memiliki karapaks (cangkang keras) yang halus serta agak sedikit lebih datar dibanding dengan beberapa spesies penyu yang lain.

Kura-kura Reimani juga memiliki kepala yang halus dan moncong yang sedikit terbalik. Kura-kura Reimani yang berada di Indonesia bagian barat mempunyai kepala yang ukurannya sedikit lebih lebar dibanding yang berada di wilayah lain seperti Papua Nugini.

Ukuran karapaks (cangkang) pada kura-kura jantan rata-rata dapat mencapai 14 cm, sedangkan rata-rata panjang karapaks wanita berkisar 20 cm. Untuk panjang karapaks maksimal sendiri dapat mencapai 35 cm. Untuk rata-rata berat kura-kura jantan dapat mencapai 313 g, sedangkan kura-kura betinanya memiliki bobot tubuh yang lebih berat dimana dapat mencapai 955 g.

Itulah informasi yang dapat abang nji informasikan untuk sahabat sekalian. Semoga apa yang diinformasikan bermanfaat untuk menambah wawasan sahabt sekalian dan juga semakin meningkatkan rasa peduli kita terhadap flora dan fauna di Indonesia, khususnya yang terancam punah.

Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar