Kanguru Pohon Mbaiso, Spesies Kanguru Yang Terancam Punah

Kanguru Pohon Mbaiso - Dingiso atau kanguru pohon mbaiso yang memiliki nama ilmiah Dendrolagus mbaiso merupakan spesies dari kanguru pohon endemik di Pulau Papua, di timur laut Indonesia. Di Papua sendiri spesies ini memiliki julukan yakni mbaiso yang bermakna binatang terlarang.

Dingiso adalah fauna herbivora yang makanannya terdiri dari daun dan pula butir-buahan. Habitat Dingiso terletak pada kurang lebih lokasi Pegunungan Tengah dekat Puncak Carstensz. Persisnya berada pada ketinggian lebih kurang 4.000 MDPL

Sumber: @speciesaday via Instagram
Klasifikasi Ilmiah

Kingdom: Animalia

Filum: Chordata

Kelas: Mammalia

Infrakelas: Marsupialia

Ordo: Diprotodontia

Famili: Macropodidae

Genus: Dendrolagus

Spesies: D. mbaiso

Status Konservasi : Terancam (Endangered)

Penyebaran Kanguru Pohon Mbaiso

Marsupial tinggal pada hutan alpine di Barisan Sudirman, Propinsi Papua. Satwa ini hidup di bawah pohon dan berada pada ketinggian 3250 hingga 4200 meter di atas permukaan laut (MDPL).

Deskripsi Morofologi Kanguru Pohon Mbaiso

Dingiso mempunyai ciri khas tersendiri dimana pola bulunya perpaduan antara warna hitam dan juga putih, satwa ini  mempunyai perut yang berwarna putih, dengan kepala yang berwarna hitam, punggung serta anggota badan.

Hewan ini adalah hewan endemik sejenis kangguru pohon. Hewan ini mempunyai bentuk yang menyerupai  koala yang terletak di Australia akan tetapi bulunya berwarna hitam. Ukurannya pun jauh lebih besar dan mempunyai garis putih di badannya.

Tidak seperti spesies kanguru pohon yang lain, jenis kanguru ini hanya sedikit saja menghabiskan waktu di pohon. Sampai saat ini, sedikit sekali yang diketahui mengenai biologi Dingiso. Betina mempunyai berat 8,5-9 kg, akan tetapi berat jantan kanguru pohon mbaiso belum pernah ditimbang sehingga tidak diketahui datanya.

Dendrolagus mbaiso sendiri untuk pertamakalinya secara resmi dideskripsikan secara ilmiah pada tahun 1995 oleh zoologis Museum Australia Tim Flannery, yang merupakan pakar zoologi Indonesia Boeadi dan juga antropolog yang berasal dari Australia bernama Alexandra Szalay.

Konservasi  Kanguru Pohon Mbaiso

Kanguru pohon mbais dapat ditemukan dan dijumpai di barat lantaran perlindungan yang diberi oleh beberapa orang Moni padanya. Untuk banyak Moni, itu merupakan leluhur yang tidak boleh diganggu keberadaanya. Meski begitu, Dendrolagus mbaiso merupakan spesies terancam berdasarkan data yang dikeluarkan oleh IUCN  Red List.

Itulah informasi tentang Kanguru Pohon Mbaiso, Spesies Kanguru Yang Terancam Punah yang dapat abangnji sampaikan kepada sahabat sekalian. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan sahabat sekalian dan juga meningkatkan kepedulian dalam menjaga kelestarian fauna-fauna yang ada di Indonesia.

Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar