8 Manfaat Mempelajari Sejarah Untuk Perkembangan Kehidupan Manusia (Ekstrinsik dan Intrinsik)

Manfaat Sejarah - Sejarah adalah suatu kajian tentang masa lalu ataupun lampau, khusunya keterkaitannya dengan kehidupan manusia.  Selain itu, sejarah juga dapat diartikan sebagai suatu cabang ilmu yang melakukan suatu kajian dengan cara sistematis mengenai seluruh perkembangan suatu proses perubahan serta dinamika kehidupan bermasyarakat yang pernah terjadi di masa lampau.

Manfaat mempelajari sejarah terbagi menjadi dua yaitu secara ekstrinsik dan intrinsik. Secara ekstrinsik manfaat sejarah yaitu manfaat instruktif, inspiratif, rekreatif dan edukatif. Sedangkan, secara intrinsik manfaat sejarah yaitu sejarah sebagai profesi, sejarah sebagai ilmu, sejarah sebagai pernyataan pendapat dan sejarah sebagi cara mengetahui masa lampau.

Sejarah memiliki manfaat yang sangat luas bagi kehidupan manusia, berikut Abang Nji informasikan 8 Manfaat Mempelajari Sejarah Untuk Perkembangan Kehidupan Manusia.

Manfaat Ekstrinsik

1. Manfaat Instruktif

Manfaat sejarah sebagai Instruktif yaitu berfungsi sebagai suatu dasar dalam melakukan ataupun memberlakukan suatu instruksi maupun kebijakan suatu negara.

Dapat juga dimaknai, manfaat Instruktif sejarah berkaitan erat dengan adanya fungsi sejarah dalam hal menunjang bidang-bidang teknologi, yang dalam artian bahwa suatu hasil studi penelitian sejarah yang berkaitan dengan penemuan-penemuan tekhnik sepanjang sejarah, dimana sejarah tentang penemuan-penemuan tersebut sangat diperlukan dalam menjelaskan prinsip kerja teknik-teknik tertentu untuk masa berikutnya.

Contohnya: Manfaat dalam rangka pengajaran kepada salah satu kejuruan/keterampilan seperti teknologi, navigasi, persenjataan, jurnalistik dan lainnya.

2. Manfaat Inspiratif

Manfaat sejarah sebagai Inspiratif artinya sejarah bermanfaat untuk dijadikan suatu inspirasi di dalam kehidupan baik pribadi ataupun sosial. Inspirasi dapat juga diartikan memberikan semangat ataupun ilham yang erat kaitannta dengan pelajaran sejarah tentang semangat patriotisme dan nasionalisme.

Manfaat Inspiratif dari sejarah ini sangat disadari terutama dalam membangun kecintaan kepada bangsa seperti melestarikan nilai-nilai perjuangan, persatuan dan kesatuan, berjuang tanpa pamrih, rela berkoban dan juga semangat gotong royong. Dengan adanya manfaat ini tentunya dengan belajar sejarah akan menambah kecintaan terhadap bangsa dan tanah air serta memperkuat rasa kebangsaan.

Contoh kisah sejarah yang dapat memberikan Inspiratif adalah pada saat terjadinya gerakan nasional rakyat Indonesia hingga berdirinya Budi Utomo yang memberikan isnpirasi dalam membangun kehidupan kreatif dan mengutamakan persatuan bangsa Indonesia serta menginspirasi dengan sikap yang rela berkorban bagi kepentingan masyarakat luas.

3. Manfaat Rekreatif

Manfaat mempelajari sejarah berikutnya adalah sejarah sebagai kreatif. Sejarah sebagai kreatif artinya sejarah memberikan hiburan bagi siapa saja yang mempelajarinya. Dengan mempelajari kisah-kisah sejarah kita seolah berpetulang di masa lalu. Sarana rekreatif lain pun bisa kita dapatkan saat belajar sejarah dengan cara berkunjung ke situs-situs sejarah seperti museum-museum dan candi-candi.

Salah satu contoh manfaat mempelajari sejarah sebagai suatu hiburan, misalnya: mengagumi karya sastra lgendaris dari William Shakespeare yang tiak lekang oleh waktu tentunya, dimana drama memakai bahasa yang indah seperti The Mercant of Venice, Two Gentleman of Verona serta Romeo & Juliet.

4. Manfaat Edukatif

Sejarah sebagai Edukatif artinya sejarah berguna sebagai media dan bahan di bidang pendidikan dengan tujuan untuk dipelajari makna dan juga peristiwa yang telah terjadi. Selain, sebagai suatu sumber pengetahua, sejarah juga dapat mengajarkan para generasi millenial mana yang baik dan mana yang buruk, protagonis dan antagonis, nilai kepahlawanan yang dapat diambil dan lainnya.

Manfaat sejarah sebagai edukatif terdapat beberapa contoh diantaranya:

Contoh 1: Dengan mempelajari sejarah kita bisa mengetahui bahwa belanda pernah menerapkan strategi untuk memecah belah bangsa Indonesia melalui strategi yang sering kita dengar yaitu politik adu domba (divide at impera). Oleh karenanya, kita sebagai generasi penerus harus belajar dari peristiwa tersebut agar Indonesia tidak mudah untuk dipecah belah oleh bangsa asing.

Contoh 2 : Kesuksesan kerajaan Majapahit dalam sejarah bisa menjadi pemacu semangat kita agar kita mampu bekerja lebih keras dalam mencapai kesuksesan.

Manfaat Intrinsik

5. Sejarah Sebagai Profesi

Sejarah adalah salah satu bidang ilmu dimana banyak sekali orang yang terlibat di dalamnya. Saat ini pun sejarah dapat dijadikan pekerjaan ataupun profesi yang menjanjikan. Salah satu profesi yang kita kenal dalam bidang sejarah yaitu sejarawan.

Selain itu, juga terdapat profesi lainnya dalam bidang sejarah yang tidak kalah populernya dengan sejarawan. Kita sebut saja seperti guru sejarah, arkeolog, peneliti sejarah dan juga penulis sejarah. Bagaimana, apakah kalian tertarik untuk belajar sejarah ?

6. Sejarah Sebagai Ilmu

Sejarah sangatlah luas dan beragam. Tidak hanya belajar tentang peristiwa kemerdekaan Indonesia, akan tetapi masih banyak sejarah hal lain yang tidak kalah menariknya. Contohnya saja seperti sejarah tentang peradaban Islam, Revolusi Industri dan tentunya Perang Dunia. Dengan belajar sejarah tentunya dapat menambah pengetahuan serta wawasan kita.

Sejarah sebagai ilmu mempunyai defenisi bahwa sejarah adalah ilmu yang terbuka, maksudnya siapa saja bisa menjadi sejarawan asalkan dapat bertanggung jawab terhadap apa yang telah ditulisnya. Terdapat 4 perkembangan sejarah sebagai ilmu diantaranya:  perkembangan dalam teori sejarah, perkembangan dalam metode sejarah, perkembangan dalam filsafat dan perkembangan dalam ilmu lainnya.

7. Sejarah Sebagai Pernyataan Pendapat

Manfaat sejarah sebagai suatu pernyataan pendapat artinyak banyak sekali para penulis sejarah yang beragumentasi menggunakan ilmu dan teorinya. Sebagai contoh sejarah sebagai pernyataan pendapat yaitu pendapat tentang mengenai sejarah amerika. Kedua aliran tersebut yaitu konsensus dan konflik.

Aliran konsensus beragumen bahwa di dalam kehidupan bermasyarakat selalu ada konsensus, oleh sebab itu maka sejarawan harus bersikap konformistik. Sedangkan, aliran konflik beragumen bahwa di dalam masyarakat selalu terjadinya pertentangan dan orang haruslah bersikap kritis dalam membahas masalah sejarah.

8. Sejarah Sebagai Cara Mengetahui Masa Lampau

Manfaat sejarah berikut ini adalah manfaat yang sangat penting untuk kita ketahui. Jika kit mengetahui tentang peristiwa yang terjadi di masa lampau maka akan tumbuh sikap antara menolak ataupun melestarikan masa lampau.

Jika masa lampau yang kita ketahui tidaklah bermanfaat artinya biasanay kita akan melupakan dan menolak masa lampau tersebut. Akan tetapi, jika masa lampau yang kita ketahui tersebut penuh dengan makna serta bermanfaat maka kitapun haruslah melestarikannya.

Itulah 8 Manfaat Mempelajari Sejarah Untuk Perkembangan Kehidupan Manusia (Ekstrinsik dan Intrinsik) yang dapat Abang Nji informasikan untuk sahabat sekalian.

Semoga Bermanfaat.

Tidak ada komentar