6 Taman Nasional di Australia yang Menakjubkan

Taman Nasional Australia - Australia adalah sebuah negara di belahan selatan yang terdiri dari daratan utama benua Australia, Pulau Tasmania, dan berbagai pulau kecil di Samudra Hindia, dan Samudra Pasifik. Anda termasuk orang yang suka berpetualang dan menikmati keindahan alam ? Australia adalah Negara yang memiliki lebih dari 500 taman nasional yang tersebar di seluruh negara bagian yang memiliki keindahan yang menakjubkan. Berikut ini adalah 6 taman nasional pilihan Bang Nji di Australia yang patut Anda kunjungi.

1.  Royal National Park

Sumber: frugalfrolicker.id

Royal National Park adalah sebuah taman nasional di New South Wales, Australia, yang berada  29 km di selatan Sydney dengan luas 154.42 km² , yang diresmikan pada 26 April 1879, taman nasional ini merupakan taman nasional tertua kedua di dunia.

Taman nasional ini memiliki beragam jenis tanaman karena di dalamnya melingkupi hutan hujan, hutan eucalyptus serta lahan padang rumput yang sangat luas. Taman Nasional ini merupakan habitat bagi banyak binatang khas seperti possum ekor cincin, tiger quoll , wallaby, berbagai jenis burung dan reptil serta amfibi.

Untuk menjelajahi  taman nasional ini dapat dilakukan dengan berjalan-jalan di antara semak-semak ataupun  bersepeda. Anda juga bisa menyaksikan langsung hal menakjubkan seperti migrasi paus tahunan antara bulan Juni dan November. Pada taman nasional ini anda juga bisa melakukan hal yang menyenangkan bersama keluarga yaitu menghabiskan waktu untuk  surfing atau sekadar piknik.

 2.  Kosciuszko National Park

Sumber: wisataaustralia.id

Taman Nasional Kosciuszko adalah  Taman Nasional terbesar di New South Wales. Di sinilah tempat puncak gunung tertingi di Australia, gunung Kosciuszko berada. Pada taman nasional  anda bisa menemukan tanaman unik yang tentunya tidak bisa kita temukan disemua tempat seperti alpine bog plants, katak corroboree dan mountain pygmy possum yang sudah termasuk kategori langka.

Anda juga bisa melakukan banyak hal di taman nasional ini baik pada musim dingin maupun panas. Hal menyenangkan yang dapat anda lakukan pada saat musim dingin yaitu bermain ski atau snowboard. Untuk musim panas anda dapat menikmati udara yang segar dan bersih yang cocok untuk kegiatan rock climbing, menjelajah gua atau bersepeda gunung.

3. Taman Nasional Purnululu

Sumber : murkacinta.id

Taman Nasional Purnululu terletak di Kimberley Timur, sekitar 100 km dari Halls Creek dan 250 km dari Kununurra. Untuk menjelajahi taman nasional ini Anda bisa menyewa kendaraan 4WD yang dapat anda kemudikan sendiri.

Taman Nasional ini memiliki hal yang unik karena bentuk bebatuannya seperti sarang lebah yang terbentuk dari gundukan dan erosi yang terjadi secara terus menerus selama 20 juta tahun. Hal yang perlu anda ketahui dulunya area ini merupakan tempat berburu bagi suku Aborigin. Maka jangan heran jika Anda akan menemukan banyak karya seni dan situs peninggalan Aborigin di sini.

4.   Kakadu National Park

Sumber: www.pinterest.com

Taman Nasional Kakadu yang memiliki  luas wilayah hampir 20.000 kilometer persegi ini terletak di Australia bagian utara. Taman Nasional ini merupakan habitat alami beragam flora dan fauna endemik dan langka di Australia.

Flora

Pada Taman Nasional Kakadu anda dapat menjumpai tanaman endemik langka yang hanya bisa ditemukan di sini misalnya adalah Eucalyptus koolpinensis. Anda juga bisa menemukan berbagai jenis tanaman lily air yang cantik seperti lily air putih salju,

biru dan kuning.

Fauna

Anda juga dapat menemukan berbagai macam fauna  endemik seperti kanguru Antilopine wallaroos hitam, , rock-wallaby telinga pendek, bangau leher hitam, dan lain-lain. Salah satu hal menarik lainnya yang membuat taman nasional ini berbeda dari taman nasional lainnya yaitu area ini telah didiami oleh penduduk tradisional Bininj Mungguy selama lebih dari 50 ribu tahun yang menjadikannya situs warisan dunia.

5.  Taman Nasional Lane Cove

Sumber: www.visitsydneyaustralia.com.au

Taman Nasional dengan luas 3,72 km²  adalah sebuah taman nasional yang dilindungi yang terletak di metropolitan Sydney, di New South Wales, di timur Australia. Keragaman flora dan fauna lautnya yang sangat luar biasa, sehingga banyak membuat orang yang memandangnya berdecak kagum. Di Lane Cove National Park juga dipenuhi dengan tumbuh-tumbuhan hijau yang sangat indah.

Memiliki topografi yang tampak lurus serta aman, namun bagian lain tampak begitu terjal yang didominasi oleh batu-batu. Angin dengan hembusan yang sepoi-sepoi dari dataran tinggi Sydney melewati tempat ini. Di tengahnya mengalir sebuah sungai yang membawa air murni hingga ke muara. Sungai inilah yang menjadi pusat aktivitas Para Turis selama berada di Lane Cove National Park. Dengan hal menarik yang ditawarkan oleh taman nasional ini, apakah anda masih berpikir untuk tidak mengunjunginya ? Tentu tidak kan.

6.   Flinders Ranges National Park

Sumber: www.pinterest.com

Taman Nasional dengan luas 912 kilometer persegi. merupakan taman nasional yang dilindungi yang letaknya di metropolitan Sydney, di New South Wales, di timur Australiayang areanya meliputi pegunungan yang terjal, ngarai, dan sungai serta kehidupan liar yang masih terjaga.

Taman nasional ini juga merupakan habitat bagi tanaman yang hidup ditempat lembab seperti grevillea, lily, dan pakis. Taman Nasional ini juga juga memiliki tanaman khas yang telah beradaptasi dengan lingkungan semi-gersang seperti cemara, mallee, dan oak hitam.

Itulah informasi seputar 6 taman nasional yang ada di Australia yang saya informasikan untuk sahabat sekalian. Jika ada dari sahabat yang sedang berkunjung ke australia tidak salahnya jika menyempatkan waktu untuk mencoba mengunjungi salah satu taman nasional ini karena selain memiliki keindahan sahabat juga mendapatkan pengalaman berpetualang yang tak terlupakan. Semoga Bermanfaat.

Tidak ada komentar