4 Taman Nasional Jambi Yang Menakjubkan

Taman Nasional Jambi - Provinsi Jambi merupakan salah satu provinsi yang berlokasi di Pulau Sumatra, provinsi yang terkenal dengan semboyan Sepucuk Jambi Sembilan Lurah ini memiliki total luas 53.435,72 km2 dengan pembagian untuk luas daratan 53.010,22 km2 dan luas perairan 425,5 km2.

Dengan luasan tersebut tentunya provinsi jambi memiliki berbagai keindahan alam galat satunya yaitu keindahan berdasarkan taman nasionalnya yang mempunyai aneka macam macam flora

1. Taman Nasional Bukit Dua Belas (SELENGKAPNYA)

Sumber: instagram.com

Taman nasional bukit Dua Belas merupakan taman nasional yang posisinya ada di pulau Sumatera, indonesia ,taman nasional ini memiliki luas 605 km² dan taman nasional ini terkenal karena adanya Suku Anak Dalam atau Suku Kubu atau Orang Rimba yang menetap di dalamnya.

Fauna

Di Taman Nasional Bukit Dua Belas sendiri ada dan dapat dijumpai beberapa jenis fauna langka dari jenis burung yakni Enggang Klihingan, Elang Ular Bido, Rangkong Badak, Buhung Gading serta Paok Delima. Perlu kalian tahu, Taman Nasional ini juga terdapat mamalia langka di dalamnya yakni Beruang , Kancil, Harimau Sumatra, dan lainnya.

Flora

Taman Nasional Bukit Dua Belas mempunyai berbaga jenis flora antara lain: Getah Merah, Jelutung, Kempas, Pulai, Rumbai, Palem darah Naga, Cendawan Muka Rimau dan lain-lain. Tidak hanya itu di taman nasional ini juga  terdapat beberapa jenis flora yang bisa dimanfaatkan jadi obat-obatan yakni: Tuno Akar, Tembalau, Cendawan Balus, Selusuh Kayu, Selusuh Akar, Akar Penyegar, Sentubung, Tubo kayu, Terap, Rotan Sio dan juga Tunam.

2. Taman Nasional Bukit Tiga Puluh (SELENGKAPNYA)

Sumber: instagram.com

Taman Nasional Bukit Tiga Puluh merupakan taman nasional yang berlokasi di provinsi jambi dan riau. Taman Nasional ini memiliki luas 143.143 hektare yang di dalamnya terdiri dari hutan hujan tropis. Taman Nasional ini di dalamnya menetap Orang Rimba dan Talang Mamak.

Taman Nasioanl ini memiliki spesies yang terancam punah akibat adanya perburuan liar yang dilakukan oleh manusia. Beberapa jenis spesies yang keberadaanya terancam punah yakni harimau sumatera, gajah sumatera, tapir asia, badak sumatera, orangutan sumatera, dan beruang madu.

Flora Dan Fauna

Jenis-jenis ekosistem yang terdapat di Taman Nasional ini mencakup hutan dataran rendah dan juga dataran tinggi, dengan flora seperti Gutta-percha , Shorea , Alstonia scholaris , Dyera costulata , Koompassia excelsa , Rafflesia hasseltii , Daemonorops draco serta beberapa jenis rotan.

Menurut survey yang dilaksankan pada tahun 1994, Taman Nasional Bukit Tigapuluh mempunyai 59 spesies mamalia, terhitung enam spesies primata dan juga 18 spesies kelelawar, selain 198 spesies burung dan juga beberapa spesies kupu-kupu yang juga terdapat pada taman nasional ini.

Mamalia pada taman nasional ini terdiri dari orangutan sumatera , harimau Sumatera , gajah Sumatera , tapir Asia , beruang madu , siamang , kera pemakan kepiting , surili Sumatera , Sunda loris , macan tutul , macan tutul kucing , marmer kucing , anjing liar Asiatic, Malayan musang, muntjac India, Sumatra serow serta Java mouse-rusa.

Spesies burung mencakup argus besar, sedikit hijau-merpati, shama putih-rumped, burung pelatuk perut putih, jambul ular-elang, Bukit beo, burung enggang helm, keriput rangkong, bebek kayu putih bersayap, bangau Storm, serta garnet pitta.

3. Taman Nasional Berbak (SELENGKAPNYA)

Sumber: instagram.com

Taman Nasional Berbak adalah taman nasional yang berlokasi di Kabupaten Tanjung Jabung Timur dan Kabupaten Muaro jambi. Taman Nasional ini memiliki gabungan yang menarik antara hutan rawa gambut dan hutan rawa air tawar yang terbentang di pesisir Timur Sumatera.

Fauna

Di Taman Nasional Berbak terdapat satwa langka salah satunya dari jenis mamalia yakni Harimau Sumatera, Badak Sumatera, Kancil dan juga Tapir. Dari jenis Primata  yakni Beruang Madu, Kera Ekor Panjang, Beruk dan juga Siamang. Untuk jenis Reptil sendiri yakni Buaya Muara, Buaya Sinyulong, Tuntong, Kura-kura Gading, Labi-labi dan juga Phyton. Untuk jenis Ikan yakni Arwana Putih, Belida, Betok, Tapah dan juga Juaro.

Flora

Tidak hanya fauna di taman nasional ini juga terdapat jenis flora yang teridentifikasi sekitar 261 spesies dari 73 famili Vegetasi salah satunya dari Jenis pohon besar  yakni Jelutung, Ramin, Pulai dan juga Meranti. Untuk jenis Anggrek yakni Celogyn, Bulbophylum dan juga Cymbidium.

Taman Nasional Berbak juga terkenal dikarenakan banyak mempunyai  jenis palem tanaman hias di Indonesia. Jenis palem tanaman hias yang tergolong ke dalam kategori langka diantaranya jenis daun payung (Johanesteijmannia altifrons) dan jenis yang baru ditemukan yaitu Lepidonia kingii (Lorantaceae) yang berbunga besar dengan warna merah atau ungu.

4. Taman Nasional Kerinci Seblat (SELENGKAPNYA)

Sumber: instagram.com

Taman Nasional Kerinci Seblat adalah taman nasional dengan kategori terbesar di pulau Sumatera yang luasnya 1.368.000 hektar, menjadikan Taman Nasional Kerinci Seblat sebagai Taman Nasional terbesar di Sumatera. Taman Nasional ini dapat memberikan kepuasan bagi yang mengunjunginya karena terdapat mata air-mata air panas, sungai-sungai beraliran deras, gua-gua, air terjun-air terjun dan danau kaldera tertinggi di Asia Tenggara.

Taman nasional kerinci seblat pertama kali ditetapkan dan dikukuhkan menjadi Taman Nasional berdasar pada Keputusan Menteri Kehutanan No. 192/KPS-II/1996 yaitu pada tahun 1996  dengan luasan 1,386 juta ha. Kawasan ini melingkupi 4 Provinsi yakni provinsi Sumatera Barat, provinsi Jambi, provinsi Bengkulu dan juga provinsi Sumatra Selatan.

Tidak kurang dari 436 desa yang daerahnya berbatasan secara langsung dengan areal kawasan ini. Kawasan ini menjadi amat penting dalam ekosistem pulau Sumatra dan karena hal tersebutlah pada tahun 2004 kawasan ini sudah didaftarkan masuk ke dalam World Heritage Site menjadi Cluster Mountainous Tropical Rainforest Heritage Site of Sumatra (TRHS).

Letak Geografis

Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) adalah kawasan hutan hujan tropis penting dunia yang berlokasi di serangkaian pegunungan bukit barisan selatan bagian tengah yang berada pada titil koordinat 100o31’18”-102o44’ BT dan 17’13” – 326’14”LS.

Itulah artikel yang berisi pembahasan tentang 4 Taman Nasional di Jambi Yang Menakjubkan yang saya informasikan untuk sahabat sekalian. Jika ada kesempatan silahkan berkunjung ke 4 taman nasional tersebut selain sahabat dapat menikmat keindahan dari taman nasional tersebut sahabat juga akan merasakan serunya berpetualang di 4 taman nasional tersebut. Jika ada masukan untuk artikel ini silahkan isi dikolom komentar.

Semoga Bermanfaat

Tidak ada komentar