Pengaruh Perkembangan Agama dan Kebudayaan Hindu-Buddha di Indonesia

Pertama kali didirikan di India oleh umat Buddha yang merupakan bangunan untuk menyimpan abu jenazah. Dinding candi terukir relief tentang Siddharta Gautama, Mahabharata atau Ramayana. Umat Hindu juga mendirikan candi yang terdapat bagian lingga (alat kelamin pria) berhadapan dengan yoni (alat kelamin perempuan). Lingga yoni pada candi merupakan lambang kesuburan. Selain itu juga ditemukan stupa berfungsi untuk menyimpan abu Buddha dan menjadi lambang perjalanan Buddha mencapai nirvana. Contoh candi Budha, yaitu candi Kalasan dan candi Borobudur. Sedangkan contoh candi Hindu, yaitu candi Prambanan dan candi Panataran.Kerajaan Istana kerajaan merupakan bukti peninggalan peradaban Hindu-Buddha yang dibangun dengan pondasi batu, dinding kayu dan atap daun.Arca dibuat untuk menyimbolkan dewa-dewi dalam upacara keagamaan. Arca Hindu antara lain arca Trimurti, arca Airlangga, arca Dwarapala, arca Kertarajasa dan arca Ken Dedes. Sedangkan arca Buddha antara lain arca Ratnasambhawa, arca Amogashidi, arca Bodhisattva, arca Amithaba dan arca Aksobhya.Merupakan peninggalan kuno berupa batu tulis, dibuat untuk menyampaikan informasi suatu kejadian di masa lalu. Seperti prasasti Canggal, prasasti Tugu, prasasti Kebon Kopi, prasasti Citaruen dan Yupa.Merupakan pahatan timbul yang menceritakan suatu kisah, ditemukan di dinding candi. Contoh kisah Mahabharata, Ramayana, Arjuna Wiwaha dan Siddharta Sang Buddha.

Perkembangan kepercayaan Hindu-Buddha di Indonesia membarui warga Indonesia yg berpaham animisme-dinamisme menjadi menyembah dewa-dewi. Informasi masuknya kepercayaan Buddha ke Indonesia diketahui dari catatan pendeta Cina bernama Fa-Hien yg datang ke Tarumanegara & I-Tsing pada kerajaan Sriwijaya. Agama yang pertama kali masuk ke Indonesia yaitu kepercayaan Buddha Hinayana. Penganut agama Buddha Hinayana pertama kali yaitu kerajaan Sriwijaya. Sriwijaya mengirimkan pelajar ke India untuk menyelidiki ajaran Buddha, alfabet Pallawa dan bahasa Sanskerta. Rahib Buddha ternama dalam Sriwijaya, yaitu Sakyakerti, seorang penulis kitab Hastadandasastra. Sedangkan rahib Buddha ternama berdasarkan India yaitu Wajraboddhi

Agama Hindu berkembang ketika agama Budha mulai runtuh. Keberadaan agama Buddha dan Hindu di Indonesia melahirkan agama sinkretisme (BuddhaHindu Siwa). Kerajaan Hindu menerapkan sistem pengkastaan atau sistem feodalisme, sedangkan kerajaan Buddha memiliki sistem demokratis.

1. Candi

candi prambanan

2. Istana

istana

3. Arca

arca

4. Prasasti

5. Relief

relief candi borobudur

6. Kitab Kuno

Kitab kuno yang ditemukan di Indonesia, yaitu kitab Arjunawiwaha, kitab Mahabharata, kitab Ramayana, kitab Negarakertagama, kitab Pararaton dan kitab Sutasoma.

Bourbon

Tidak ada komentar