China Bangun Teleskop Radio Terbesar di Asia untuk Misi Mars


China tengah bangun teleskop radio paling besar di Asia dengan antena memiliki diameter 70 m guna terima data dari misi eksplorasi Mars pertamanya yang didambakan dapat dikeluarkan pada 2020 ini. 

Disebut Tianwen-1, China mengharapkan bisa mengorbit, tiba, dan juga menjajaki Mars pada suatu misi. 

Teleskop yang punyai antena seukuran sembilan lapangan basket itu dibikin National Astronomical Observatories dari Akademi Pengetahuan Pengetahuan China di Distrik Wuqing, Tianjin. 

Menurut Li Chunlai, wakil kepala perancang misi eksplorasi Mars pertama China, menyampaikan kalau teleskop ini akan jadi layanan pokok yang terima data ilmiah yang dikirim kembali lagi oleh misi di planet yang punya jarak 400 km dari Bumi itu. 

Li Chunlai mengimbuhkan kalau pengiriman data dapat hadapi halangan ialah lemahnya isyarat, mengingat jarak yang sangatlah jauh. 

China awal kalinya udah sukses mengeluarkan empat wahana luar angkasa yang mengarah Bulan dan juga merampungkan misi mengorbit dan tiba di Bulan. 

Tapi, jarak di antara Bulan dan juga Bumi kurang lebih 360. 000 km. sampai 400. 000 km., dan jarak di antara Mars dan juga Bumi kurang lebih 56 juta km. sampai 400 juta km.. Lewat kata lain, jarak Bumi-Mars terpanjang merupakan 1. 000 kali di antara Bumi dan juga Bulan. 

" Oleh sebab itu halangan terbesarnya merupakan terima isyarat yang sangatlah lemah dari Mars, " tutur Li Chunlai, sama dengan yang dilansir dari Ruang Daily. 

Dia menyampaikan kalau teleskop ini dapat kerja beserta tiga teleskop yang lain yang berada di Beijing dan juga Kota Kunming, China selatan. dan juga pembangunan teleskopnya sendiri udah mulai pada Oktober 2018. Banyak technologi baru udah diperlukan guna menaikkan efektivitas dan juga kurangi problem. 

Eksplorasi Mars bukan sekedar dapat memeriksa apa berada kehidupan di planet itu, tapi menunjang mengatakan peristiwa evolusi dan juga mode kemajuan Bumi di saat depan, dan cari area hidup yang mungkin untuk manusia. 


Tidak ada komentar