ANEKA RESEP SEDERHANA MIE AYAM YANG SUPER LEZAT

Siapa sih yg disini belum pernah mencoba kenikmatan semangkuk mie ayam?

Mie memang bukan makanan pokok, walaupun begitu mie juga tidak kalah populer berdasarkan nasi & makanan berat lainnya.Hidangan terkenal mie, selain mie instan merupakan mie ayam. Kenapa mampu terkenal? Yah karena cita rasanya yg enak, legit, pedas dan lain lain, pokonya mah endes banget deh.

Selain rasanya yang enak, mie ayam juga bisa kita temui dimana saja mulai dari pedagang kaki lima pinggir jalan  sampai di restoran pun ada. Harganya pun beragam ada yang 5.000 rupiah bahkan ratusan ribu. Selain tempat dan harganya yang beragam, mie ayam juga memiliki varian yang sangat banyak.

Dijaman sekarang, pedagang mie ayam memeng telah menjamur dimana-mana. Tapi akan lebih baik jika anda membuatnya sendiri dirumah. Selain alasan kebersihan & kehigenisan, mambuat mie ayam sendiri juga lebih menyenangkan lantaran anda mampu menyesuaikan sediri rasa & topping sinkron selera anda. Bahkan jikalau anda sudah jago untuk masak mie ayam, anda mampu memanfaatkannya buat jadi lahan mencari uang.

Tanpa berlama-lama lagi, yuk simak aja beberapa aneka resep sederhana menciptakan mie ayam yg super lezat ...

1. Resep Mie Ayam Kampung Spesial

Mie ayam, keliru satu sajian mie yg punya poly penggemar. Rasanya yang lezat dan kemudahan buat mendapatkannya, jadi poly alasan orang menyukai olahan mie yang satu ini.

Bahan ? Bahan :

  • ½ kg mie ayam telur, rebus
  • 100 ml minyak ayam
  • 100 ml kecap asin
  • 300 gr daging ayam rebus, lalu potong kotak – kotak
  • 3 sendok makan kecap manis
  • 2 sendok makan kecap inggris
  • 2 batang daun bawang
  • Sawi hijau rebus secukupnya
  • Penyedap rasa secukupnya
  • Bawang goreng secukupnya
Bumbu halus :

  • 3 siung bawang putih
  • 5 siung bawang merah
  • 1 sendok teh ketumbar
  • 3 cm kunyit
  • 3 cm jahe
  • 4 butir kemiri
Bahan kaldu :

  • 2 liter air
  • ½ kg tulang ayam
  • ½ sendok teh garam
  • ½ sendok teh lada bubuk

Minyak Ayam :

  • Kulit ayam & lemaknya
  • 2 siung bawang putih, memarkan

Cara membuat :

Membuat kaldu ayam:

  1. Panaskan 2 liter air, lalu masukkan tulang ayam ke dalam rebusan air.
  2. Tambahkan ½ sendok teh garam dan lada bubuk. Masak hingga mendidih, sisihkan.
Membuat minyak ayam :

  1. Panaskan kulit ayam dan lemaknya di pengorengan dengan pi kecil, tambahkan bawang putih. tunggu hingga minyak dari kulit dan lemak ayam keluar. Sisihkan.
Membuat ayam :

  1. Panaskan sedikit minyak, tumis bumbu halus hingga harum.
  2. Kemudian masukkan ayam, aduk rata. Tumis hingga harum dan bumbu meresap ke ayam. Tambahkan penyedap rasa secukupnya, koreksi rasa sesuai selera. Sisihkan.
Membuat mie ayam :

  1. Siapkan mangkok, masukkan 2 sendok makan minyak ayam dan ¼ sendok teh penyedap rasa.
  2. Kemudian masukkan mie dan sawi hijau, aduk hingga merata. Tambahkan tumisan ayam dan taburan bawang goreng di atasnya.
  3. Terakhir, siramkan kaldu ayam sesuai selera.
  4. Mie ayam kampung spesial siap disajikan, nikmati mie selagi panas dengan tambahan sambal dan pangsit sesuai selera.

2. Resep Mie Ayam Solo yang Mudah dan Sederhana

Bahan ? Bahan :

  • ½ kg mie ayam
  • 250 gram daging ayam
  • 1 ikat sawi manis, potong – potong
  • 100 ml minyak ayam (bisa dibuat sendiri atau menggunakan yang sudah jadi)
  • 10 ml kecap manis
  • 15 ml kecap inggris (optional)
  • 100 ml kecap asin
  • 2 batang daun bawang , iris halus
Bumbu halus :

  • 5 buah bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 1 sendok teh ketumbar
  • 1 ruas kunyit
  • 1 ruas jahe
  • 3 butir kemiri
  • Gula secukupnya
Bahan kaldu :

  • Tulang ayam (bisa menggunakan sisa daging yang direbus)
  • 2000 ml air
  • ½ sendok teh lada bubuk
  • 1 sendok teh garam

Cara membuat :

  1. Membuat kaldu : Rebus daging ayam dan tulang ayam dengan 2000 ml air. Tambahkan ½ sendok teh  lada bubuk dan 1 sendok teh garam. Tambahkan ½ sendok lada bubuk dan 1 sendok garam, aduk rata. masak hingga ayam matang dan kuah mendidih.
  2. Membuat ayam : Potong ayam menjadi kotak – kotak, sisihkan. Tumis bumbu halus hingga harum dan matang. Lalu masukkan daging ayam ayam, aduk rata. tambahkan sedikit gula. Koreksi rasa sesuai selera, lanjutkan menumis hingga matang.
  3. Siapkan air rebusan kaldu, lalu rebus mie dan juga sawi hingga matang. Setelah itu angkat dan taruh di mangkuk.
  4. Tambahkan bumbu – bumbu lainnya seperti, minyak ayam, kecap manis, kecap inggris dan kecap asin. Aduk hingga rata. jangan lupa untuk menambahkan tumisan ayam, daun bawang dan kuah kaldu.
  5. Mie ayam solo sudah siap disajikan.

Catatan :

  • Jika anda penyuka pedas, adna bisa menambahkan sambal atau saus.

3. Resep Mie “Ayam “ Vegetarian

Bahan ? Bahan :

  • 1 bungkus mie ayam mentah
  • 2 sendok makan kecap asin
  • 1 sendok teh minyak sayur
  • Sawi secukupnya
  • Tauge secukupnya

Bahan jamur (ayamnya diganti dengan jamur) :

  • 50 gram Jamur Merang/kancing, potong sesuai dengan selera masing-masing
  • 1 buah Jamur Hyoko, potong tipis (optional, atau bisa diganti dengan jenis jamur lainnya)
  • 1 ruas jahe yang ditumbuk halus
  • 1 sendok makan kecap manis
  • 1 sendok makan kecap asin
  • 1 sendok teh kecap ingris
  • ½ sendok teh merica
  • 2 siung bawang putih, cincang halus
  • 3 sendok makan minyak sayur
  • Garam secukupnya
  • Gula secukupnya
  • Tung cai secukupnya
Bahan kuah kaldu :

  • 2 sendok makan minyak sayur
  • ½ sendok teh merica
  • 3 sendok teh kecap asin
  • Garam secukupnya
  • Kaldu vegetarian secukupnya

Cara membuat :

  1. Rebus mie, sawi dan tauge hingga matang. Angkat lalu tiriskan.
  2. Membuat jamu : Panaskan minyak tumis bawang putih hingga harum. Kemudian masukkan semua bahan jamur. Aduk rata dan lanjutkan memasak hingga semua bahan matang. Sisihkan.
  3. Membuat kaldu : Siapkan panci, didihkan 300 ml air. Lalu masukkan semua bahan kaldu, didihkan kembali setelah itu matikan api. Sisihkan.
  4. Penyajian mie ayam : Tata mie sawi dan tauge di dalam mangkuk, beri kecap asin dan minyak sayur. Aduk rata.
  5. Selanjutnya tambahkan jamur diatasnya dan tuangkan kuah kaldu.
  6. Mie ayam vegetarian siap disajikan.

4. Resep Mie Kangkung Ayam

FYI mie kangkung ayam ini adalah makanan khas masyarakat betawi. Mie ini adalah hasil perpaduan dari budaya tionghoa dan melayu. Maka dari itu cita rasanya unik dan lezat. Buat anda yang penasaran ingin mencoba kenikmatan mie ayam yang satu ini, yuk coba buat sendiri dengan resep berikut ini.

Bahan ? Bahan :

  • 150 gram mie kuning, rebus hingga matang
  • 1 ikat kangkung, siangi daunnya lalu cuci bersih
  • 1 batang daun bawang, iris
  • 3 lembar daun salam
  • 2 cm lengkuas
  • 1 sendok teh garam
  • ½ sendok teh gula
  • 1 sendok teh kaldu jamur
  • 4 sendok makan  kecap
  • 500 ml air
  • Minyak secukpnya, untuk menumis
Bahan tumisan ayam :

  • 2 buah paha atas, ambil dagingnya lalu potong dadu
  • 2 buah paha bawah, ambil dagingnya lalu potong dadu
  • 1 sendok makan saus tiram
  • 1 sendok makan kecap
  • 1 sendok teh merica
Bumbu halus :

  • 6 siung bawang putih
  • 2 buah cabai merah besar
  • 2 buah cabai merah keriting
  • 2 buah cabai rawit merah
  • 2 sendok teh ebi

Cara membuat :

  1. Siapkan wadah, campur semua bahan tumisan ayam. aduk rata lalu diamkan selama 30 menit. Sisihkan.
  2. Panaskan sedikit minyak, tumis bumbu halus bersama daun salam, daun jeruk dan lengkus hingga harum dan matang.
  3. Masukkan potongan daging ayam, aduk rata.
  4. Selanjutnya tuangkan air, masukkan gula, garam, kaldu bubuk dan kecap. Aduk rata. lanjutkan memasak hingga bumbu meresap dan air menyusut.
  5. Angkat lalu pisahkan ayam dan bumbunya, sisihkan.
  6. Siapkan panci, didihkan air lalu beri sejumput garam. Masukkan kangkung dan masak selama 30 detik atau hingga warnanya berubah menjadi terang. angkat lalu tiriskan.
  7. Setelah itu tata mie di dalam mangkuk. Beri tumisan ayam, kangkung rebus dan daun bawang di atasnya. Kemudian sirang dengan sisa kuah sisa bumbu memasak ayam.
  8. Mie ayam kangkung siap disajikan, bila suka anda bisa menambahkan saus dan sambal untuk menambahkan rasa pedas.

Tips :

  • Jika suka dengan kuah mie ayam yang kental, anda bisa menambahkan larutan tepung maizena.
  • Agar kangkung rebus tidak berubah warna menjadi hitam. Siram segera kangkung setelah diangkat dari air rebusan agar proses pemasakannya berhenti.

5. Resep Mie Ayam Pangsit Goreng

Bahan ? Bahan :

  • ½ kg mie ayam, rebus hingga matang
  • 100 ml minyak ayam (bisa diambil dari kulit ayam asli)
  • 100 ml kecap asin
  • 3 sendok makan kecap manis
  • 2 sendok makan kecap Inggris
  • 2 batang daun bawang, iris – iris
  • Sawi hijau, rebus
  • Penyedap rasa secukupnya
  • Bawang goreng secukupnya
Bahan Tumisan :

  • 600 gr daging ayam, rebus lalu potong kotak – kotak
  • 1 sendok makan kecap ikan
  • 1 sendok makan kecap asin
  • ½ sendok teh gula pasir
  • ½ sendok teh Garam
  • 4 sendok teh kecap manis
  • 600 ml air putih
  • 1 sendok teh merica
  • 3 sendok makan minyak
  • ¼ sendok teh penyedap rasa
Bahan kaldu :

  • 3000 ml kaldu dari kaki sapi atau tulang ayam
  • ¼ sendok teh merica bubuk
  • 300 gr tetelan atau tulang ayam
  • 2 sendok makan garam
Bahan pelengkap :

  • 200 gr sawi hijau
  • 2 batang bawang daun, iris tipis

Cara membuat :

  1. Membuat minyak ayam : Panaskan minyak, masukkan kulit ayam dan bawang putih. Masak beberapa saat hingga keluar minyaknya. Angkat lalu sisihkan.
  2. Membuat tumisan ayam : Siapkan wadah kemudian campur semua bahan tumisan ayam kecuali air. Aduk hingga bumbu merata, diamkan beberapa saat hingga bumbu meresap.
  3. Setelah itu panaskan minyak, tumis tumisan yam hingga harum, lalu masukkkan air. Aduk hingga rata, masak hingga bumbu meresap dan kuahnya mengental. Angkat lalu sisihkan.
  4. Membuat kaldu : Rebus kaki sapi atau tulang ayam, beri garam. Bila perlu tambahkan penyedap rasa, koreksi rasa sesuai selera. masak hingga kaldu mendidih dan tulang menjadi lunak.
  5. Penyajian : Siapkan mangkok tata mie dan sawi yang sebelumnya dudah direbus. Tambahkan kecap asin, minyak ayam, kecap manis, kecap inggris. Aduk hingga rata.
  6. Selanjutnya beri tumisan ayam, daun bawang dan bawang goreng di atasnya. Lalu tuangkan kuah kaldu sesuai selera.
  7. Mie ayam pangsit siap dinikmati, sajikan dengan bahan pelengkap.

6. Resep Mie Ayam Yamin Spesial Super Lezat

Ngomong-ngomong mie ayam iniadalah sajian khas kota kembang yang mirip dengan mie ayam biasanya, namun warna mie ayam yamin lebih coklat (seperti mie goreng) dan disajikan terpisah dengan kuahnya. Udah gak sabar mau buat? Yuk simak resep berikut ini.

Bahan ? Bahan :

  • 300 gram mie telur, seduh dengan air panas hingga matang
  • 150 gram sawi hijau, potong – potong
Bahan minyak ayam :

  • Kulit ayam secukupnya, cincang
  • 6 siung bawang putih, memarkan lalu cincang halus
  • 125 ml minyak sayur
Bahan tumisan ayam :

  • 400 gram gading ayam, potong sesuai selera
  • 6 siung bawang putih, cincang halus
  • 3 sendok makan kecap manis
  • 1 sendok makan kecap asin
  • 1 sendok makan saus tiram
  • 1 sendok teh garam
  • 1 sendok teh gula pasir
  • ½ sendok teh merica bubuk
  • 2 sendok makan minyak, untuk menumis
Bahan pangsit :

  • 75 gram daging ayam, giling
  • ½ sendok teh garam
  • ¼ sendok teh merica bubuk
  • ½ sendok teh minyak wijen
  • ½ sendok teh gula pasir
  • 3 sendok makan tepung sagu
  • ½ butir telur, kocok lepas
  • 6 lembar kulit pangsit siap pakai
Bahan kuah :

  • Tulang sisa daging ayam secukupnya
  • 1 ruas jahe, memarkan
  • 4 siung bawang putih, memarkan
  • 1,2 liter air
  • 2 sendok teh garam
  • 1 ½ sendok teh gula pasir
  • ½ sendok teh merica bubuk
  • 2 batang daun mawang, iris tipis
  • Bakso sapi secukupnya
Pelengkap :

  • Kecap manis secukupnya
  • Kecap asin secukupnya
  • Minyak wijen secukupnya
  • Merica bubuk secukpnya
  • Sambal rawit secukupnya
  • Saus secukupnya
  • Bawang goreng secukupnyam, untuk taburan

Cara membuat :

  1. Membuat minyak ayam : Panaskan minyak, masukkan bawang putih dan kulit ayam. Tumis di atas api kecil, hingga mengeluarkan minyak. Simpan san sisihkan.
  2. Membuat tumisan ayam : Siapkan wadah, campurkan semua bahan tumisan ayam, aduk rata lalu diamkan (marinasi) selama 1 jam atau lebih.
  3. Setelah itu tumis ayam hingga berubah warna, lalu tambahkan sedikit air. Masak hingga ayam matang dan kuah menyusut, sisihkan.
  4. Membuat pangsit : Campurkan semua bahan  pangsit kecuali kulit pangsit, aduk rata lalu bagi adonan menjadi 6 bagian.
  5. Ambil selembar kulit pangsit, lalu beri 1 bagian kulit pangsit. Rekatkan ujungnya dengan olesan sedikit air.
  6. Didihkan air, lalu rebus pangsit hingga matang. Angkat lalu sisihkan.
  7. Membuat kuah : Rebus tulang ayam bersama jahe dan bawang putih dengan 1,2 liter air.
  8. Beri garam, gula dan merica. Aduk rata, koreksi rasa sesuai selera.
  9. Kemudian masukkan bakso dan masak hingga bakso matang.
  10. Sesaat sebelum diangat beri taburan daun bawang di atasnya.
  11. Penyajian : Siapkan mangkok, beri 1 sendok makan minyak ayam, 1 sendok teh kecap manis, ½ sendok teh kecap asin, ¼ sendok teh minyak wijen dan sedikit merica bubuk. Aduk rata.
  12. Kemudian masukkan mie, aduk rata. lalu beri tumisan ayam dan taburan bawang goreng diatasnya.
  13. Dimangkuk terpisah taruh bakso sapi, pangsit dan sawi hijau. Tuang dengan kuah.
  14. Sajikan mie ayam yamin bersama dengan bahan pelengkap.

Jangan lupa untuk membagikan Aneka Resep Sederhana Mie Ayam Yang Super Lezat Dan Praktis  kepada teman, saudara serta kerabat anda. Dan tulis dikolom komentar menu masakan apa yang anda inginkan untuk saya bagikan selanjutnya.

Cantika

Author : Cantika

Tidak ada komentar