Ternyata Bilik Disinfektan Itu Tidak Berbahaya, Simak Penjelasannya !


Ternyata Bilik Disinfektan Itu Tidak Berbahaya, Simak Penjelasannya !  Mulai sejak epidemi virus corona menyerang Indonesia, bilik disinfektan sangatlah gampang kita jumpai di banyak tempat. 

Bilik yang umumnya dibuat secara transparan ini sangatlah gampang kita jumpai di banyak fasilitas umum. Bilik ini dipakai buat membunuh virus yang kemungkinan melekat di tubuh. 

Akan tetapi, akhir-akhir ini, warga dibikin heboh dengan kabar jika bilik disinfektan bisa beresiko untuk kesehatan. Sebelum berbicara lebih jauh kita harus terlebih dahulu mengetahui apa sih itu bilik disinfektan, apakah benar bilik tersebut benar-benar dapat membahayakan kesehatan.

Chamber atau bilik disinfektan adalah suatu tempat khusus untuk menyemprotkan cairan disinfektan yang dilengkapi pula dengan sinar atau radiasi ultraviolet di dalamnya.

Cara kerjanya, orang-orang yang masuk ke dalam bilik tersebut akan disemprot cairan disinfektan dari berbagai arah.

Penyemprotan disinfektan diyakini dapat membunuh berbagai macam virus, termasuk virus corona Covid-19, yang menempel di tubuh serta permukaan pakaian, tas, sepatu, atau barang yang dibawa orang tersebut.

Berdasarkan perkataan dari  yakni Chairul Anwar Nidom yakni Guru Besar Universitas Airlangga bahwa penggunaan bilik disinfektan aman untuk manusia asalkan disinfektan yang digunakan campurannya benar dan yang dianjurkan para ahli.

Beliau menerangkan bahwasanya kalau bahan aktif yang disarankan digunakan adalah benzalkonium chloride. Bahan aktif itu disebutnya termasuk ke dalam golongan ammonium quartener dan itu tergolong aman untuk manusia karena levelnya berada pada tingkat rendah."

Perlu diketahui bahwasanya Benzalkonium chloride biasa digunakan untuk penyemprotan -kandang-kandang ternak juga, tidak hanya berdasarkan perkataan Guru Besar Universitas Airlangga tersebut. 

Berdasarkan informasi dari Ketua Departemen Farmasetika Fakultas Farmasi, Universitas Airlangga, yaitu ibu Retno Sari "bahwasanya benzalkonium chloride tergolong ke dalam kelompok senyawa ammonium quarterner yang memiliki sifat surfaktan". Menurut beliau, surfaktan artinya bersifat mempengaruhi permukaan. Bahan akitif yang terkandung pada sabun juga termasuk ke dalam kategori surfaktan. 

Yang artinya kalau kita mencuci tangan menggunakan sabun, itu bahan-bahan lemak protein akan berikatan kemudian dia akan menggumpal kemudian rusak. Nah, dengan lapisan atau selubung protein pada virus bisa menggumpal dan rusak oleh bahan aktif yang sama. 

Jadi, intinya penggunaan bilik disinfektan tentu saja aman asal bahan yang digunakan pun menggunakan kadar yang aman. Jika menggunakan semua bahan dengan kadar yang sesuai sudah tentu tidak memiliki efek samping yang ditakutkan oleh orang-orang.

Cara membuat bilik disinfektan 
Apabila anda tertarik untuk membuat bilik disinfektan, anda cuma memerlukan sedikit peralatan yang banyak didapati di toko pertanian dan juga elektronik. Teknik ini biasa digunakan pada teknik pertanian hidroponik, kandang ayam ataupun sarang burung wallet untuk pengembunan atau pengkabutan buat mengontrol suhu udara. 

Apabila anda mempunyai tujuan membeli peralatan alat ini biasa di sebut dengan misting maker (alat pengembunan) yang  banyak didapati di toko-toko online. Setelah membuat alat pengkabitannya kemudian tentu saja anda memerlukan bilik. Untuk membuat bilik anda dapat memanfaaatkan triplek/kaca bentuk seperti bilik. 

Kemudian, tambahkan lampu UV (ultra violet) dalam bilik, lampu UV dapat anda peroleh di toko elektronik dengan beragam bentuk, lampu UV dipercaya bisa mematikan kuman dan juga bakteri dan untuk mematikan virus digunakan disinfektan yang dianjurkan dan aman untuk kesehatan. Perlu diingat jangan lupa tambahkan saklar buat meghidup, mematikan alat pengembunan.

Akan tetapi, apabila anda kesulitan untuk membuatnya anda dapat membeli di toko-toko online seperti di Blibli.com yang telah menyediakan Bilik disinfektan dan tentu saja telah dilengkapi dengan cairan disinfektan yang aman penggunaannya dan tidak memiliki efek terhadap kesehatan manusia.

Itulah informasi tentang seputar bilik disinfektan. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat untuk sahabat-sahabat sekalian. Dan saya sarankan gunakanlah disinfektan yang sesuai takaran sehingga tidak menimbulkan efek yang dapat membahayakan kesehatan.

No comments